Breaking News

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 05 November 2018

Terabaikan, Tanaman Pangan Ini Lebih Bernutrisi dari Beras



Jawawut, juwawut, atau sekoi (Setaria italica) adalah sejenis serealia berbiji kecil (milet) yang pernah menjadi makanan pokok masyarakat Asia Timur dan Asia Tenggara sebelum budidaya padi dikenal orang. Tumbuhan ini adalah yang pertama kali dibudidayakan di antara berbagai jenis milet dan sekarang menjadi milet yang terluas penanamannya di seluruh dunia, dan yang terpenting di Asia Timur. Nama Pulau Jawa acap dikaitkan dengannya.
Nama-nama lokalnya, di antaranya, jawa (Plb.); jaba ikur (Bat.); jaba uré (Toba); jĕlui (Riau); sĕkui (Mly.); sĕkuai, sakui, sakuih (Min.); randau (Lamp.); jawae (Day.); jawawut, kunyit, sekul (Sd.); jawawut, juwawut, otèk (Jw.); jhaba, jhaghung jhaba, jhabalèk (Md.); jawa sĕmi, jawawut (Bl.); botai, boté, wotei, batung, wetung, gětung (aneka dialek di Sulut); batang, bětěng, wětěng, bané, bailo, wailo (Sulsel); botoh, sain (Timor); hotong, atong, hetene, hetenu (Ambon); hétan (Wetar); wetan (Solor); botan (Kai, Tanimbar); bètèn, fètèn (Buru); bobootĕné, botĕmé (Hal.); futu (Ternate & Tidore).
Dulu budidaya jewawut berkembang luas sebelum padi. Tanaman ini memiliki kandungan nutrisi lebih baik dari padi (beras) baik protein dan kalsium. Bahkan, ia memiliki antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, untuk mencegah pembentukan sel kanker. Sayangnya, tanaman ini mulai langka. Di Enrekang, ba’tang terjaga lewat ritual adat walau budidaya hanya sedikit…

Seputar proses penanamannya

 Terabaikan, Tanaman Pangan Ini Lebih Bernutrisi dari Beras



Di Enrekang, jewawut dikenal dengan ba’tang. Selintas ba’tang mirip rumput, dengan tinggi tak sampai dua meter. Bulir ba’tang keluar dari pucuk, bergerombol seperti bunga lavender. Di lahan itu, warna bulir ba’tang ada hitam dan orange. Jika sudah dikelupas berwarna kuning.

Menanam ba’tang, tak begitu sulit, hanya perlu menyiapkan lahan dan menaburkan benih. Usia panen 75 hari dan tak memerlukan perawatan berlebihan. Tak perlu ada irigasi seperti padi. Bahkan tak perlu pupuk. Biji ba’tang, sangat kecil, berbentuk bulat dan padat.

Ba’tang bahkan tak memiliki hama pengganggu. “Hama satu-satunya itu burung. Kalau bulir sudah keluar harus dijaga, supaya burung tidak makan.”

Di beberapa tempat, ba’tang menjadi pakan burung. Ada di tempat-tempat penghobi burung, untuk tekukur atau parkit. Di masyarakat Enrekang, sebelum beras meluas dekade 1960-an, ba’tang dan jagung adalah makanan pokok warga.


Jewawut menurut pakarnya

 Terabaikan, Tanaman Pangan Ini Lebih Bernutrisi dari Beras


Peneliti Teknologi Pasca Panen Balai Penelitian Serealia Indonesia, Suarni mengatakan, jewawut adalah tanaman sereal yang bisa tumbuh di berbagai tempat. Lahan kering dan gersang. “Jadi untuk mengembangkan jewawut tidak perlu tanah subur. Ditanam dekat pantai dengan kadar keasinan tanah tinggi dan lahan kering dapat tumbuh.”

Suarni membandingkan dengan padi, yang harus memiliki pengairan dan unsur hara tanah baik. “Lebih ribet menanam padi. Namun, padi tanaman pasar yang memiliki nilai ekonomi tinggi,” katanya.

Secara kandungan nutrisi, katanya, jewawut memiliki kadar protein sampai 13%, padi hanya 8%-10%. Jewawut memiliki antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, untuk mencegah pembentukan sel kanker. Kalsium pun cukup tinggi dibanding padi, sorgum ataupun jagung. “Ini tanaman sehat.”

Manfaat Jewawut



Mengkonsumsi jewawut terbukti mampu meningkat kan status antioksidan tubuh dan dapat digunakan untuk menurunkan resiko terjangkitnya berbagai penyakit degeneratif yang disebabkan karena kenaikan beban ROS. Konsumsi sorgum dan jewawut dapat meningkatkan aktivitas antioksidan enzimatis di dalam sel hati tikus percobaan. Konsumsi sorgum dan jewawut dapat menurunkan oksidasi lemak hati, tercermin pada penurunan jumlah MDA hati tikus percobaan yang diberi ransum sorgum dan jewawut. Pemberian ransum sorgum dan jewawut dapat meningkatkan aktivitas enzim SOD, katalase dan glutation peroksidase sel hati tikus percobaan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman